Postingan Populer

Selasa, 30 April 2019

Prinsip Animasi pada Animasi Tom and Jerry

PAPER
PRINSIP - PRINSIP ANIMASI










Nama: Fransiskus Eko Utomo
Kelas: 3KA07
NPM: 12116916

FAKULTAS ILMU KOMPUTER DAN TEKNOLOGI INFORMASI
JURUSAN SISTEM INFORMASI
UNIVERSITAS GUNADARMA






Animasi adalah film yang merupakan hasil pengolahan gambar tangan sehingga menjadi gambar yang bergerak. Pada awal penemuannya, film animasi dibuat dari berlembar-lembar kertas gambar yang kemudian diputar sehingga muncul efek gambar bergerak.
Animasi juga memiliki prinsip yang diterapkan dalam penerapan animasi tersebut. Animasi memiliki beberapa teori-teori yang dikemukakan oleh beberapa pakar yang telah dirangkum di bawah ini:
a. Kata animasi berasal dari kata kerja latin animare, yang berarti “membuat jadi hidup atau mengisi dengan nafas”. Pada animasi kita benar-benar bisa merekstrukturisasi realitas. (Jean Ann Wright 2005:1)
b. Teori animasi memiliki pengertian secara umum yaitu animate memiliki arti “memberi kehidupan kepada” dan termasuk juga live action (gerakan langsung) pedalangan / pewayangan / permainan boneka semisal Sesame Street serta penggunaan peralatan electromechanical untuk menggerakkan boneka, dinamakan animatronics (Rick Parent 2010:6).

Setelah mengetahui beberapa teori animasi dari orang yang telah mengemukakan idenya mengenai animasi, di bawah ini akan dibahas mengenai prinsip animasi yang digunakan dalam suatu cuplikan film animasi. Film animasi yang penulis pilih kali ini berasal dari sebuah studio film Metro Goldwyn Mayer, yaitu Tom and Jerry. Dimana film animasi ini cukup terkenal dan ikon khasnya, yaitu kucing bernama Tom dan seekor tikus bernama Jerry yang selalu saja berkejar-kejaran dan tidak pernah akur.

Alur cerita dalam setiap cerita pendek biasanya berpusat pada usaha-usaha mustahil yang dilakukan Tom untuk menangkap Jerry, disertai dengan berbagai konflik fisik dan kerusakan materi. Mereka kadang-kadang terlihat dapat hidup damai berdampingan di beberapa episode, jadi kadang-kadang tidak diketahui dengan jelas kenapa Tom begitu bernafsunya mengejar Jerry. Beberapa alasannya mungkin adalah perseteruan abadi kucing dan tikus, tugas yang diberikan oleh pemilik rumah, balas dendam, dan kompetisi melawan kucing lainnya.
Setiap animasi pasti memiliki prinsip-prinsip animasi yang digunakan. Terdapat 12 prinsip dasar animasi, yaitu:
1. Squash and stretch
-       Berguna untuk menunjukkan volume, berat objek, efek gravitasi serta gerakan pada sebuah objek. Sehingga gerakan objek tersebut akan lebih terlihat nyata. Ketika objek sedang dalam gerakan mengkerut dan melonggar volumenya akan tetap sebaliknya ukurannya kelihatan berubah.
2. Anticipation
-        Adalah persiapan sebelum aksi, yang diikuti oleh sebuah aksi kemudian penyelesaian aksi tersebut. Hal ini dapat membangkitkan ketegangan atau kelucuan pada suatu aksi tertentu. Nagaimana antisipasi ini digunakan tergantung pada banyaknya aksi yang akan digunakan.
3. Staging
-        Staging dapat mengarahkan perhatian audience pada cerita atau ide yang dibuat. Pementasan melibatkan tindakan yang jelas dan meyakinkan. Memahami konsep di balik pementasan animasi akan membantu kita membuat semua yang diperlukan untuk berbicara dengan penonton.
4. Straight Ahead Action and Pose to Pose
-        Bermula dari satu titik dan berakhir di titik lain dalam suatu gerakan yang berkelanjutan, contohnya saat berlari. Diperlukan satu per satu frame, atau frame by frame.
5. Follow Through and Overlapping Action
-        Pada saat tubuh dari karakter berhenti dari suatu arah gerakan tertentu secara tiba-tiba misalnya, maka semua bagian atau elemen pada karakter tersebut tidak serta-merta berhenti, tapi akan melanjutkan arah gerak semula.
6. Slow in and Slow out
-          Pada saat suatu gerakan akan dimulai, kita bisa menempatkan gambar lebih banyak pada awal pose, satu atau dua di tengah dan beberapa gambar di akhir pose. Teknik slow out biasanya ditempatkan pada akhir suatu gerakan dan slow in ditempatkan pada awal pose berikutnya.
7. Arcs
-          Semua lintasan gerakan dalam animasi selalu berupa garis lengkung (kecualli gerakan mekanik suatu peralatan). Di ala mini garis lengkung merupakan rute yang paling mudah dilakukan oleh benda yang berpindah tempat.
8. Secondary action
-          Merupakan gerakan menambah dan memperkaya gerakan utama. Sebuah karakter yang marah berjalan menuju karakter lain. Berjalan kuat, agresif dan condong ke depan.
9. Timing
-          Gambar yang jumlahnya banyak akan menghasilkan gerakan lambat dan halus. Gambar sedikit menghasilkan gerakan lebih cepat dan lebih kasar. Agar timing akurat, diperlukan pengaturan dope sheet pada animasi manual maupun timeline pada animasi digital, yang berisi keterangan tentang gerakan, dialog dan waktu.
10. Exaggeration
-          Merupakan upaya mendramatisir animasi dalam bentuk rekayasa gambar yang bersifat hiperbolis. Dibuat sedemikian rupa sehingga terlihat sebagai bentuk ekstremitas ekspresi tertentu dan biasanya digunakan untuk keperluan komedis.
11. Solid drawing
-          Prinsip ini menyampaikan sebuag suasana atau objek terlihat seperti memiliki dimensi, melalui penggambaran garis, warna atau bayangan solid.
12. Appeal
-          Sebuah karakter animasi memiliki daya tarik, tidak berarti hanya menjadi lucu atau imut, tapi sebuah karakter yang mampu menarik perhatian mata pemirsa.

Setelah menguraikan prinsip animasi diatas, prinsip animasi yang digunakan oleh animasi Tom and Jerry diantaranya:
1.      Squash and stretch: pada menit kedua dalam animasi, terlihat karakter Jerry sedang mengekrut untuk menunjukkan ekspresi bosan dan perasaan bersalah kepada Tom karena sudah membuat Tom diusir dari rumah.
2.      Anticipation: pada menit 03:16, terdapat aksi Tom bergerak sedikit ke arah belakang sebelum berlari. Menciptakan kesan “mengambil ancang-ancang”.
3.      Staging: pada menit ke 04:50, sudut pengambilan gambar sangat tepat. Karena bisa menggambarkan kedua karakter Tom dan Jerry yang sedang memainkan alat musik drum dari peralatan rumah tangga. Sudut pengambilan gambarnya membuat kedua karakter terlihat akur dan bahagia.
4.      Straight ahead action and pose to pose: berawal dari titik awal ke titik lainnya, terlihat di menit ke 00:55 sampai ke menit ke 00:59 terlihat karakter Jerry sebelum bergoyang ke kanan dan ke kiri. Ini adalah suatu gerakan berkelanjutan.
5. Follow Through and Overlapping Action: pada menit ke 05:53, terlihat karakter Jerry sedang berlari setelah melakukan aksi melompat. Lalu di menit ke 05:55, ketika karakter Tom lalu tiba-tiba berhenti berlari, ada aksi bagian tubuh karakter yang masih mengikuti gerakan awal ketika Tom berlari.
6.      Slow in and Slow out: pada menit ke 05:26, terlihat saat Tom sedang mengayunkan pisau daging ke arah Jerry. Ketika sedang mengangkat pisau, gerakan diperlambat, ketika mengayunkan pisau, gerakan dipercepat.
7.      Arcs: pada menit 00:28, ketika Tom sedang tertidur sambil mendengkur, menciptakan gerakan yang membentuk sudut lengkung pada bibirnya.
8.      Secondary Action: pada menit ke 05:53, terlihat karakter Jerry melompat sambil berlari sambil melihat ke belakang. Jadi terlihat ada beberapa gerakan dalam waktu bersamaan.
9.      Timing: penempatan waktu yang tepat pada suatu gerakan atau aksi. Terlihat pada menit ke 00:53, dimana Tom yang sedang dilempar oleh majikannya, menabrak tembok lalu terduduk diam.
10.  Exaggeration: gerakan hiperbola yang bertujuan mendapatkan perhatian para penonton. Bisa dilihat pada menit ke 03:16, dimana karakter Jerry menarik-narik wajahnya sampai melar seperti karet untuk menakuti majikannya. Ini jelas merupakan sebuah hiperbola.
11.  Solid drawing: pada menit ke 04:35, terdapat prinsip solid drawing. Yaitu terdapat karakter Tom dan Jerry yang sedang menikmati paha ayam dibalik tembok, disertai dengan bayangan tembok yang terlihat seperti sedang terlihat berada di balik tembok.
12.  Appeal: daya tarik pada episode animasi Tom and Jerry ini terletak pada scene dimana Tom dan Jerry “bersekongkol” untuk menakuti majikannya. Mereka berpura-pura saling mengejar satu sama lain, saling pukul-pukul tapi mereka hanya bercanda untuk memulihkan kebosanan Jerry karena Tom diusir pada awal episode dimulai.

Ke-12 prinsip diatas adalah prinsip animasi yang membuat animasi menjadi terlihat semakin baik. Tom and Jerry, yang adalah animasi tahun 1940-an berhasil menjadi animasi terbaik yang telah memenangkan banyak piala Oscar dan memiliki penggemar di seluruh dunia.



DAFTAR PUSTAKA

[1] Anonim. 2018. “Tom and Jerry”, https://id.m.wikipedia.org/wiki/Tom_and_Jerry, diakses pada Rabu, 3 April 2019 pukul 14.55.
[2] Si Manis. 2017. “Pengertian Animasi, Prinsip dan Jenis-Jenis Animasi Menurut Para Ahli Terlengkap”, https://www.pelajaran.id/2017/12/pengertian-animasi-prinsip-dan-jenis-jenis-animasi-menurut-para-ahli.html, diakses pada Rabu, 3 April 2019 pukul 19.21.
[3] Author. 2018. “12 Prinsip Animasi”, http://www.dapoeranimasi.com/12-prinsip-animasi/, diakses pada Rabu, 3 April 2019 pukul 19:24.
[4] Koleksi pribadi animasi Tom and Jerry.

0 komentar:

Posting Komentar

Tambahkan Komentar Kamu